SMK di Jakarta dan Bogor Amankan UN 2016 dengan CCTV

SMK di Jakarta dan Bogor Amankan UN 2016 dengan CCTV

SMK di Jakarta dan Bogor Amankan UN 2016 dengan CCTV

Sejumlah SMK/MA di Jakarta dan Bogor mengantisipasi terjadinya kecurangan saat Ujian Nasional (UN) 2016 dengan menggunakan Closed Circuit Television (CCTV). SMK YMIK Jakarta dan SMKN 1 Bogor termasuk sekolah yang memakai CCTV saat UN berlangsung.

Adapun, SMK YMIK Jakarta melaksanakan ujian berbasis kertas. Kemudian

, SMKN 1 Bogor mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Setiap peserta UN, ujar panitia ujian SMK YMIK Jakarta kepada Edupost.id, diperiksa terlebih dahulu saat ingin masuk ruangan ujian. Mereka juga dipantau dengan CCTV sehingga sulit untuk melihat pekerjaan rekannya atau menyontek. Meskipun hasil UN bukan penentu kelulusan, sekolah tetep menggunakan CCTV.

“Kini saatnya para siswa melaksanakan tugas belajar mengajar dan menjalani proses

pendidikan formal dengan lebih tenang,” ujarnya.

Menurut panitia ujian, siswanya harus menjadi pintar secara akademik. Terampil, bermoral, berbudi pekerti, dan berakhlak terpuji, sejalan dengan tujuan pendidikan yang paripurna. Dengan demikian, sumber daya manusia di Indonesia menjadi semakin tangguh, berkualitas, bermental, dan bermoral kuat.

“Seperti kita cita-citakan bersama. Tentunya penggunaan CCTV

dianggap perlu saat ujian berlangsung,” lanjutnya.
Pendapat serupa juga diberikan Humas SMKN 1 Bogor, Nina, pemasangan CCTV sangat berperan mencegah siswanya menyontek. “CCTV kami pasang di setiap ruang dan sebelum UNBK dimulai,” tegasnya

 

Baca Juga :