Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Beberapa definisi telah dikemukakan oleh para pakar epidemiologi, beberapa diantaranya adalah :

Greenwood ( 1934 )

Mengatakan bahwa Epidemiologi mempelajari tentang penyakit dan segala macam kejadian yang mengenai kelompok ( herd ) penduduk. Kelebihannya adalah adanya penekanan pada kelompok Penduduk yang mengarah kepada Distribusi suatu penyakit.

Brian Mac Mahon ( 1970 )

Epidemiology is the study of the distribution and determinants of disease frequency in man. Epidemiologi adalah Studi tentang penyebaran dan penyebab frekwensi penyakit pada manusia dan mengapa terjadi distribusi semacam itu. Di sini sudah mulai menentukan. Distribusi Penyakit dan mencari Penyebab terjadinya Distribusi dari suatu penyakit.

Wade Hampton Frost ( 1972 )

Mendefinisikan Epidemiologi sebagai Suatu pengetahuan tentang fenomena massal ( Mass Phenomen ) penyakit infeksi atau sebagai riwayat alamiah ( Natural History ) penyakit menular. Di sini tampak bahwa pada waktu itu perhatian epidemiologi hanya ditujukan kepada masalah penyakit infeksi yang terjadi/mengenai masyarakat/massa.

Anders Ahlbom & Staffan Norel ( 1989 )

Epidemiologi adalah Ilmu Pengetahuan mengenai terjadinya penyakit pada populasi manusia.

Gary D. Friedman ( 1974 )

Epidemiology is the study of disease occurance in human populations.

Abdel R. Omran ( 1974 )

Epidemiologi adalah suatu ilmu mengenai terjadinya dan distribusi keadaan kesehatan, penyakit dan perubahan pada penduduk, begitu juga determinannya serta akibat – akibat yang terjadi pada kelompok penduduk.

Barbara Valanis

Epidemiology is term derived from the greek languang ( epid = upon ; demos = people ; logos = science ).

Last ( 1988 )

Epidemiology is study of the distribution and determinants of health – related states or events in specified population and the application of this study to control of problems.

Elizabeth Barrett : Epidemiology is study of the distribution and causes of diseases.

Hirsch ( 1883 ) : Epidemiologi adalah suatu gambaran kejadian, penyebaran dari jenis – jenis penyakit pada manusia pada saat tertentu di berbagai tempat di bumi dan mengkaitkan dengan kondisi eksternal

Judith S. Mausner ; Anita K. Bahn : Epidemiology is concerned with the extend and types of illness and injuries in groups of people and with the factors which influence their distribution.

Robert H. Fletcher ( 1991 ) : Epidemiologi adalah disiplin riset yang membahas tentang distribusi dan determinan penyakit dalam populasi.

Lewis H. Rohf ; Beatrice J. Selwyn : Epidemiology is the description and explanation of the differences in accurence of events of medical concern in subgroup of population, where the population has been subdivided according to some characteristic believed to influence of the event.

Lilienfeld ( 1977 ) : Epidemiologi adalah suatu metode pemikiran tentang penyakit yang berkaitan dengan penilaian biologis dan berasal dari pengamatan suatu tingkat kesehatan populasi.

Moris ( 1964 ) : Epidemiologi adalah suatu pengetahuan tentang sehat dan sakit dari suatu penduduk.

Sumber:

https://balad.org/