Pemrov Jabar akan Berikan Bantuan Infrastruktur Digital ke 500 Desa

Pemrov Jabar akan Berikan Bantuan Infrastruktur Digital ke 500 Desa

Pemrov Jabar akan Berikan Bantuan Infrastruktur Digital ke 500 Desa

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil memfokuskan Tanah Pasundan

untuk mewujudkan pembangunan dan pengembangan desa digital di Indonesia. Pembangunan tersebut akan dibagi menjadi tiga zona dari 500 desa yang segera mendapatkan bantuan infrastruktur digital.

Ketiga zona tersebut terdiri dari zona merah, kuning, dan hijau. Zona merah diartikan sebagai eksistensi digital belum hadir pada warga di desa tersebut. Sedangkan zona kuning berarti platform digital telah ada di desa, tetapi tidak semua kriteria digital terpenuhi. Terakhir, zona hijau yang semua elemen komunikasi publik berbasis digital.

“Termasuk infrastruktur perdagangan, bahkan aplikasi berbasis digita

l telah dimanfaatkan oleh masyarakat dalam desa,” jelas Ridwan Kamil, saat mendatangi kegiatan Kick Off Patriot Desa Digital dari Telkomsel yang digelar di Aula Barat Gedung Sate, Senin (1/4/2019) seperti dilansir

Ridwan Kamil berharap, semua pihak baik sektor swasta dapat berperan aktif dalam menciptakan desa digital. Termasuk memberikan pembinaan mengenai pemanfaatan digital serta bantuan infrastruktur digital.

“Desa berbasis digital tersebut mempunyai ciri. Diantaranya,

komunikasi antarwarga via digital, mempunyai akun media sosial, pelayanan publik melalui digital, dan memberikan informasi serta promosi setiap potensi desa dengan website,” tambah Emil.

Tidak hanya itu, melalui program ini, setiap desa juga akan memiliki database sehingga bisa memberikan informasi kepada khalayak luar desa. Sehingga, akun media sosial tersebut bisa dimanfaatkan sebagai identitas dan media untuk menginformasikan semua kegiatan yang ada di desa.*

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/