Kurikulum 2013 Masih Bermasalah

Kurikulum 2013 Masih Bermasalah

Kurikulum 2013 Masih Bermasalah

Ketua Komisi D DPRD Maluku Sufi Majid mengakui dalam pelaksanaan kurikulum 2013

yang dimulai sejak 15 Juli 2013 sampai saat ini masih mengalami permasalahan dari sisi implementasi kurikulum 2006 ke kurikulum 2013.

Menurutnya, pemberlakuan kurikulum 2013 mengalami problem baru, bahkan secara resmi sudah ada revisi dan evaluasi, serta Kementrian Pendidikan sudah memastikan bahwa kurikulum 2013 hanya akan dijadikan sebagaii pilot project.

Artinya, sekolah dalam proses pembelajaran akan kembali ke kurikulum 2006

yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

“Kita sarankan agar penetapan kurikulum harus jelas dan detail, serta tepat sasaran. Karena selama ini dalam pelaksanaan anggaran hanya dihabiskan untuk sosialisasi, tetapi tidak diperlakukan karena ada perubahan politik,” ”ujar Majid usai mengikuti Forum Diskusi di ruang rapat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Jumat (5/12).

Dikatakan, revisi Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan

nasional perlu dilakukan beberapa hal, yakni standarisasi kewenangan pengelolaan pendidikan.

Selama ini kita punya banyak masalah dari sisi kewenangan Dinas Pendidikan provinsi tentang tanggung jawab sehingga di dalam revisi jelas kewengan Diknas Provinsi yaitu mengelola pendidikan menengah, sementara pendidikan dasar dikelola oleh kabupaten.

Dengan demikian maka ijin operasinal sekolah menengah bisa dikendallikan oleh Provinsi dengan begitu pengelolaan pendidikan menengah jauh lebih efektif,”ucapnya.(TM02)

 

Baca Juga :