Kriteria Query pada Access

Kriteria Query pada Access

Kriteria Query pada Access

Menambahkan Kriteria Query pada Access 2007

Kriteria dalam query merupakan aturan yang mengidentifikasikan record atau data mana saja yang dimasukkan ke dalam query. Tidak semua query harus berisi kriteria, jika anda tidak ingin melihat semua data record yang tersimpan dalam recordsource, anda harus menambahkan kriteria pada query untuk menyaring data mana saja yang mau anda tampilkan. Pastikan anda sudah tahu membuat sebuah Simple Query sehingga anda dapat memahami dengan mudah dalam pengisian kriteria.


Kriteria sama seperti formula, sebuah string yang berisi operator (tanda-tanda) dan konstanta. Kriteria juga mengacu kepada ekspresi dalam Microsoft Office Access 2007.

Berikut beberapa contoh kriteria dan penjelasannya

Kriteria
Deskripsi
 >10 and <50Kriteria ini untuk menampilkan number yang lebih dari 10 dan kurang dari 50
 #2/2/2006#Kriteria ini untuk menampilkan record yang bertanggal 2/2/2006
 Is NullKriteria ini untuk menampilkan field yang recordnya kosong.

Seperti yang anda lihat, kriteria bisa terlihat sangat berbeda satu sama lain, tergantung pada jenis data field yang anda isi kriteria. Beberapa kriteria yang sederhana, dan menggunakan operator dasar dan konstanta. Lainnya sangat kompleks, dan menggunakan fungsi, operator khusus, dan menyertakan referensi field.

Di sini, anda akan melihat di mana dan bagaimana anda menambahkan kriteria. Untuk menambahkan kriteria untuk query, anda harus membuka query dalam Design view. Anda kemudian mengidentifikasi field-field yang anda ingin isikan kriteria.

Kriteria yang anda tentukan untuk field yang berbeda dalam baris Kriteria digabungkan dengan menggunakan operator DAN. Dengan kata lain, kriteria yang ditetapkan di Tempat Lahir dan Gender diinterpretasikan seperti ini:


TempatLahirPsn = “Tabanan” and GenderPsn = “Pria”

Jika anda menambahkan kriteria seperti itu maka data yang hanya Tempat Lahir di Tabanan dan Gender Pria akan ditampilkan. Bila hanya salah satu kriteria terpenuhi misalnya tempat lahir di tabanan tetapi gender bukan pria maka data tidak ditampilkan. Lihat hasil berikut:

Sekarang bagaimana bila anda ingin menampilkan keduanya tempat lahir di tabanan atau gendernya adalah pria. Kondisi tersebut diinterpretsikan seperti berikut:

TempatLahirPsn = “Tabanan” or GenderPsn = “Pria”



Hasilnya adalah sebagai berikut:



Perhatikan pasien dengan nama tia artanti, walaupun dia wanita tatap ditampilkan dalam query karena tempat lahirnya di tabanan, brgitu juga pasien dengan nama solihinwalaupun tempat lahirnya di Bandung tetapi tetap ditampilkan karena gendernya pria.

Untuk mengenal lebih banyak bentuk-bentuk kriteria dalam query lihat artikel berikut:

  • Kriteria untuk field bertipe Text, Memo dan Hyperlink
  • Kriteria untuk field bertipe Number, Currency, dan AutoNumber
  • Kriteria untuk field bertipe Date/Time
  • Sumber : https://filehippo.co.id/