Baju Toga Rina dan Air Mata Sang Ibu

Baju Toga Rina dan Air Mata Sang Ibu

Baju Toga Rina dan Air Mata Sang Ibu

BANDA ACEH – UIN Ar-Raniry menjadi perbincangan banyak orang,

setelah video salah seorang wisudawati yang prosesi wisudanya diwakili oleh sang ayah viral di media sosial.

Wisudawati itu adalah Rina Muharrami. Ia merupakan mahasiswi pada Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Ia meninggal 13 hari setelah menjalani sidang skripsi sarjana di jurusan tersebut.

Karena sudah menyelesaikan seluruh beban study, Rina dimasukkan dalam daftar calon wisudawan. Namun, takdir berkata lain, Rina lebih dulu dipanggil oleh Yang Maha Kuasa.

Ijazah Rina kemudian diambil oleh ayahnya, Bukhari dalam prosesi wisuda UIN

Ar-Raniry pada 27 Februari 2019 di Auditorium Aly Hasjmy, kampus setempat.

Saat prosesi wisuda, semua wisudawan memakai topi dan baju toga. Berbeda dengan Bukhari, ia hanya memakai kemeja lengan panjang warna abu-abu dan berpeci.

Saat giliran Prodi Pendidikan Kimia dipanggil untuk mengambil ijazah, Bukhari juga antri seperti mahasiswa-mahasiswi lainnya.

Satu per satu wisudawan dipanggil untuk menaiki panggung untuk mengambil ijazah dari rektor. Saat gilaran Rina, Bukhari mewakilinya, suasana dalam gedung berubah, raut kesedihan terlihat dari wajah para wisudawan dan tamu undangan lainnya.

“Saat bersalaman itu, Pak Rektor bilang “Sabar pak, sabar’. Itu yang membuat saya haru

sampai keluar air mata,” kata Bukhari, dikutip dari Detik.com, Jumat (1/3/2019).

Istimewa

Untuk diketahui, pada wisuda semester ganjil tahun 2018/2019 ini, UIN Ar-Raniry menggelar tiga hari wisuda secara berturut-turut, yakni 26, 27, dan 28 Februari 2019.

Pada wisuda terkahir, 28 Februari 2019 kemarin, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Warul Walidin juga ikut mengajak para wisudawan, orang tua, dan tamu undangan lainnya untuk mendoakan almarhumah.

“Mari kita hadiahkan alfatihah untuk almarhumah,” kata Prof Warul di atas panggung.

Pada sore harinya, Rektor Prof Warul bersama petinggi kampus juga mengunjungi rumah almarhumah Rina Muharrami di Gampong Cot Rumpun, Blang Bintang, Aceh Besar, Kamis (28/2/2019).

 

Baca Juga :