AUDIT ATAS MODAL SAHAM DAN PAID IN CAPITAL

AUDIT ATAS MODAL SAHAM DAN PAID IN CAPITAL

AUDIT ATAS MODAL SAHAM DAN PAID IN CAPITAL

  1. Seluruh transaksi saham yang ada telah dicatat.Auditor dapat meminta konfirmasi mengenai transaksi-transaksi modal saham dan mengenai nilai dari transaksi-transaksi saham tersebut serta melakukan penelitian terhadap notulen rapat
  2. Transaksi saham yang pentas telah diotorisasi dan dinilai dengan pantas

Kebenaran nilai transaksi saham yang dilakukan secara tunai dapat diverifikasi dengan:

1) meminta konfirmasi tentang jumlahnya kepada agen pemindah saham dan menelusuri jumlah transaksi saham yang ada ke dlam pemerimaan uang.

2) memeriksa jumlah yang dikredit ke dalam modal saham dan agio saham adalah benar dengan melihat kembali pada akte perusahaan, apakah sesuai dengan nilai pari atau nilai modal saham yang ditetapkan.

  1. Modal saham dinilai dengan pantas

Pertimbangan penting dalam penilaian modal saham adalah verifikasi atas jumlah saham yang digunakan dalam menghitung laba perlembar saham. Saldo akhir dalam perkiraan modal diverifikasi mula-mula dengan menentukan jumlah saham beredar pada tanggal neraca.

  1. Modal saham diungkapkan dengan pantas.

Auditor harus yakin bahwa terdapat penjelasan yang mencukupi untuk setiap golngan saham, termasuk informasi mengenai jumlah saham yang diterbitkan dan beredar dan hak khusus dari setiap jenis saham tertentu.

Sumber informasi penting dalam menentukan apakah modal saham telah diungkapkan secara memadai adalah akte pendirian perusahaan, notulen rapat dewan direksi, analisis auditor terhadap transaksi-transaksi modal.

Sumber : https://synthesisters.com/